Senin, Agustus 03, 2009

Kenangan Masa Kecil


Saya hafal betul lagu anak-anak ketika saya masih kecil sampai sekarang. Tapi baru kali ini ngeh kalo ternyata ada kejanggalan di lagu-lagu tersebut.

Balonku ada 5… rupa-rupa warnanya… merah, kuning, kelabu.. merah muda dan biru… meletus balon hijau, dorrrr!!!’ Perhatikan warna-warna kelima balon tsb, kenapa tiba-tiba muncul warna hijau? Jadi jumlah balon sebenarnya ada 6, bukan 5 ! -

Di pucuk pohon cempaka.. burung kutilang berbunyi.. bersiul-siul sepanjanghari dg tak jemu-jemu..mengangguk-angguk sambil bernyanyi tri li li..li..li.. li..li..’ Ini juga menyesatkan dan tidak mengajarkan kepada anak akan realita yg sebenarnya. Burung kutilang itu kalo nyanyi bunyinya cuit..cuit.. cuit ! kalo tri li li li li itu bunyi kalo yang nyanyi orang (catatan: acara lagu anak-anak dgn presenter agnes monica waktu dia masih kecil adalah Tra la la trili li!), bukan burung!

Pok ame ame.. belalang kupu-kupu.. siang makan nasi, kalo malam minum susu..’ Ini jelas lagu dewasa dan tidak konsumsi anak-anak! karena yg disebutkan di atas itu adalah kegiatan orang dewasa, bukan anak kecil. Kalo anak kecil, karena belom boleh maem nasi, jadi gak pagi gak malem ya minum susu!

Nina bobo nina bobo oh nina bobo… kalau tidak bobo digigit nyamuk’ menurut psikolog: jadi sekian tahun anak2 indonesia diajak tidur dgn lagu yg penuh nada mengancam

Bintang kecil dilangit yg biru…’ (Bintang khan adanya malem, lah kalo malem emang warna langitnya biru?)

Ibu kita Kartini…harum namanya’ (Namanya Kartini atau Harum?)

‘Cangkul-cangkul, cangkul yang dalam, menanam jagung di kebun kita…’ (kalo mau nanam jagung, ngapain dalam-dalam emang mo bikin sumur?

Tidak ada komentar: